Senin, 07 Juli 2008

Di China, Sakit Ginjal Harus Diet Air

Angky Camaro : Transplantasi Ginjal, Kehidupan dan Jabatan Barunya (3)

Radar Surabaya, 7 July 2008

Angky Camaro, Jakarta

Meski sudah diet, berat badan Angky Camaro terus naik. Puncaknya, pada saat 12 Mei 2008 kreatinin-nya mencapai 810 (8,1). Saat itulah dr Gordon Ku dari RS Mount Elizabeth, Singapura, memerintahkan dia transplantasi ginjal atau cuci darah.

Waktu dr Gordon Ku bilang saya musti transplant atau cuci darah, saya ambil keputusan transplant. Masalahnya kalau cuci darah seminggu tiga kali dan sekali cuci darah butuh waktu empat jam, kapan saya kerjanya. Waktu itu dr Gordon merekomendasikan dua tempat yang memungkinkan saya bisa transplant, yaitu di Filipina atau Tiongkok. Saya kemudian pilih Filipina dengan pertimbangan bahasa, karena kalau di Tiongkok saya nggak bisa pakai bahasa Mandarin. Asal tahu, meski orang Chinesem tapi saya nggak bisa bahasa Mandarin, istri saya juga nggak bisa. Pokoknya dibanding saya jauh lebih pinter Pak Dahlan Iskan bahasa Mandarinnya.

Sayang banget saat saya memutuskan untuk transplant di Filipina, ternyata di sana 3-4 bulan lalu ada larangan dari pemerintah Filipina untuk praktik transplant ginjal. Akhirnya tidak ada pilihan lain saya putuskan untuk transplant di Tiongkok.

Tanggal 23 Mei sebetulnya sudah ada orang saya (channel) yang bilang saya bisa ke Tiongkok karena seminggu lagi sudah ada ginjalnya. Tapi saya nggak mau soalnya tanggal 27 Mei saya harus RUPS Sampoerna dulu, dimana dalam RUPS saya diputuskan menjadi Preskom PT HM Sampoerna Tbk (sebelumnya Angky sebagai Managing Director PT HM Sampoerna). Menurut saya ini mukjizat dari Tuhan, karena orang biasanya kalau pesan bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tapi nggak dapat, tapi saya langsung dapat. Tapi sayanya justru yang nolak saat itu, soalnya saya harus RUPS Sampoerna.

Tanggal 29 Mei, setelah saya ikuti RUPS saya akhirnya berangkat ke berangkat ke Tiongkok dari Singapura. Dan karena saya tidak bisa bahasa Mandarin, maka saya minta teman saya Marvy Apandi (Executive Director Indomobil) untuk ikut saya menjadi penerjemah bahasa Mandarin. Marvy berangkat dari Jakarta lalu ketemuan di sebuah bandara di Tiongkok.

Lagi-lagi saya mendapat kemudahan dari Tuhan, karena waktu saua datang ke rumah sakit tersebut, saya secara kebetulan bisa bertemu langsung dengan kepala rumah sakitnya. Padahal biasanya orang yang datang ke rumah sakit tersebut, sangat susah ketemu dengan kepala rumah sakit. Asal tahu saja, di rumah sakit itu banyak sekali broker-nya. Biasanya kalau kita datang di loket itu ya para broker sudah berebut. Kalau lewat broker ini, belum tentu dapat "barang" bagus, malah seringnya banyak yang dibohongi, jadi saya ingin mengingatkan untuk para pembaca yang ingin transplant di Tiongkok hati-hati jangan sampai tertipu broker.

Selain saya bisa bertemu langsung dengan pimpinan rumah sakitnya, saya juga langsung mendapat donor, hanya saja waktu itu kurang bagus untuk saya karena kreatininnya sudah tinggi. Tapi saya juga cuma nunggu 2 minggu setelah itu langsung dapat yang golongan darahnya O.

Mitos Keliru

Oh ya, hal penting yang ingin saya ceritakan kepada para pembaca adalah, soal pandangan yang salah selama ini antara dokter di Indonesia dengan dokter di China. Di Indonesia, kalau kita sakit ginjal suruh minum sebanyak-banyaknya. Padahal itu totally wrong! Di China orang yang sakit ginjal tidak boleh minum banyak, bahkan hanya boleh minum kalau haus saja. Kalau nggak haus nggak boleh minum.

Dalam kondisi ginjal kita rusak, kalau kita banyak minum, kemampuan ginjal yang sudah tidak normal lagi itu tidak bisa mengolah air dengan sempurna menjadi urine. Misalnya kita minum 2 liter sehari, kalau ginjal kita bermasalah, yang bisa diolah menjadi urine itu hanya 1,5 liter saja atau 1 liter. Nah sisa air yang tidak bisa diolah oleh ginjal menjadi urine tadi akan lari ke paha, badan, tangan, wajah, dan lain-lainnya menjadi racun. Dan karena badan kita penuh dengan air, maka kita menjadi gemuk (bersambung)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya laki2 usia 3o thn golongan daeah A,saya berniat mau mendonorkan ginjal saya demi keluarga dan masa depan anak saya.jika ada yang minat / membutuhkan silahkan hubungi saya di nope 087718856664 atau via email di cacusetiawan@yahoo.com / setiawancacu03@gmail.com....saya akan selalu siap kapanpun anda butuhkan.